Hi, kali ini saya akan membuat sistem informasi keuangan.Langsung aja… Yang kita harus lakukan pertama kali untuk membuat sebuah sistem Informasi keuangan adalah membuat SDLC (System Development Life Cycle). Apa itu SDLC ? SDLC adalah pendekatan bertahap untuk melakukan analisa dan membangun rancangan sistem dengan menggunakan siklus yang spesifik terhadap kegiatan pengguna. Dalam SDLC ada beberapa tahap, yaitu :
- Planning / Perencanaan Fase perencanaan adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem harus dibangun. Pada fase ini diperlukan analisa kelayakan dengan mencari data atau melakukan proses information gathering kepada pengguna.
- Analysys / Analisa Fase analisa adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Dari proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru.
- Design / Perancangan Fase perancangan merupakan proses penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, interface design, database dan spesifikasi file, dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi system.
- Implementasi Fase implementasi adalah proses pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem.
- Operating, Support, and Security Tujuan dari Operation, Support, dan Security phase adalah untuk memberikan bantuan berkelanjutan untuk sistem informasi dan pengguna setelah sistem diimplementasikan.
Berikut Saya Tampilkan cara membuat SDLC Menggunakan Microsoft Excel (Gantt Char)
- Pertama tentu saja buka aplikasi Ms.Excel, lalu buat tabel seperti gambar di bawah
- Lalu, Tentukan Waktu Mulai Pengerjaan, Durasi Pengerjaan lalu tuliskan hingga terakhir. Bagian Selesai kerja tinggal tuliskan rumus =C3+D3-1, lalu drag hingga akhir.
- Lalu, untuk membuat Grafiknya, masukan data pada F1 dengan rumus =E3
- Dan, untuk kesampingnya, tinggal masukkan rumus =F1+1, lalu drag kesamping.
- Lalu agar grafik terlihat gunakan rumus berikut =IF(AND(F$1>=$C3,F$1<=$E3),”1″,””) pada cell F3 lalu copy ke semua tabel yang termasuk bagian tanggal. Maka akan muncul seperti gambar di bawah
- Jika sudah, beri fill pada cell yang berisi angka 1, dengan conditional Formatting >> Highlight cells rules >> text that contains. Kemudian masukan angka “1”, lalu pilih custom format. Dan kita dapat mengatur sendiri warna yang kita inginkan.
- Dan Selesai